Checklist 8 Tips Perawatan Mobil yang Dapat Anda lakukan sendiri - DIY
Dalam mencoba menjalani kehidupan yang lebih sederhana, saya menjadi lebih baik dalam menangani proyek-proyek yang biasa saya lakukan untuk para profesional. Selain proyek perbaikan rumah , saya telah belajar bahwa saya dapat menghemat banyak dengan melakukan beberapa perbaikan mobil dan pekerjaan pemeliharaan sendiri.
Percaya padaku, aku bukan ahli otomotif. Saya bahkan tidak terlalu cenderung mekanis. Tapi saya telah menemukan jenis perbaikan yang dapat ditangani siapa saja dengan cepat dan mudah, dengan biaya minimal.
Saya telah memutuskan untuk berpegang pada mobil saya daripada menjualnya, jadi dengan merawat perbaikan ini, saya telah menyimpan sedikit adonan selama beberapa tahun terakhir.
1. Filter Udara
Alat yang Anda Butuhkan : Tidak Ada
Waktu untuk Selesai : 10 menit
Perkiraan Biaya : $ 10
Anda memerlukan filter udara baru untuk mobil Anda setiap 12 bulan atau 12.000 mil, mana saja yang lebih dulu. Anda dapat membayar seorang mekanik dan menyerahkan mobil Anda selama sehari, atau Anda dapat mengganti filter udara Anda di rumah dalam waktu sekitar sepuluh menit.
Pertama, temukan filter Anda di bawah kap mobil Anda. Ada dalam kotak persegi panjang hitam dengan klip logam di samping. Periksa manual pemilik Anda jika Anda tidak melihatnya segera setelah Anda membuka penutupnya.
Buka casing, dan periksa bagaimana filter udara cocok di dalamnya. Catat bagaimana arah filter.
Hapus filter udara lama, dan masukkan yang baru persis seperti yang lama.
Ingat untuk menutup klip logam setelah selesai.
Itu dia. Untuk penghematan ekstra dalam jangka panjang, Anda dapat memperpanjang umur filter udara baru Anda dengan memukulnya dengan beberapa udara bertekanan untuk membersihkan puing-puing apa pun.
2. Wiper Kaca Depan
Alat yang Anda Butuhkan : Tidak Ada
Waktu untuk Selesai : 15 menit
Perkiraan Biaya : $ 10 hingga $ 20
Saya tertawa ketika saya mengunjungi toko onderdil mobil lokal saya dan melihat bahwa mereka memiliki penjualan pada bilah penghapus, menawarkan instalasi gratis. Instalasi gratis hanya berlaku jika saya membeli pisau paling mahal di toko, jadi saya mulai mengubahnya sendiri. Anda akan membutuhkan bilah penghapus baru setelah sekitar enam bulan atau satu tahun penggunaan. Anda mungkin cenderung untuk pergi sedikit lebih lama sebelum meminta mekanik Anda untuk mengubahnya, tetapi Anda tidak harus berurusan dengan bahaya melesat saat Anda menunda perjalanan yang tidak nyaman ke toko mobil.
Pengaturan blade wiper berbeda sedikit dari mobil ke mobil, jadi Anda mungkin harus mengikuti beberapa langkah yang berbeda sesuai dengan manual pemilik Anda. Pada dasarnya, prosesnya mirip dengan mengganti filter udara Anda:
Angkat bilahnya, seolah-olah Anda sedang mencuci kaca depan dengan tangan, dan lepaskan bilah-bilah yang lama.
Perhatikan bagaimana bilah-bilah lama terhubung ke lengan logam.
Pada sebagian besar model, Anda akan melihat tab di bagian bawah penyeka. Dorong tab untuk melepas blade lama.
Pasang bilah baru, berhati-hati agar tidak menekuk lengan wiper atau menggores kaca depan Anda. Buat semuanya dan pastikan yang baru aman dan ketat.
Jika Anda terganggu atau tidak ingat persis bagaimana pisau baru harus pas pada lengan wiper, jangan khawatir. Kemasan untuk pisau baru harus memiliki seperangkat instruksi umum dan diagram yang bermanfaat.
3. Busi
Alat yang Anda Butuhkan : Ratchet atau kunci socket, 12 ″ ekstensi soket, soket busi
Waktu untuk Selesai : 20 hingga 30 menit
Perkiraan Biaya : $ 10 hingga $ 15
Kebanyakan busi perlu diganti setelah sekitar 30.000 mil, tetapi periksa buku manual pemilik Anda untuk melihat apakah kendaraan Anda berbeda. Sementara mengubah busi mungkin terdengar seperti pekerjaan yang intens, ini adalah proses yang sangat sederhana. Anda hanya perlu menyisihkan waktu dan melatih kesabaran. Jangan terburu-buru, karena Anda perlu menginstal penggantinya dalam urutan tertentu.
Anda harus dapat menemukan busi dengan cukup mudah, karena mereka melekat pada kabel karet tebal.
Anda akan menemukan empat, enam, atau delapan colokan, tergantung pada berapa banyak silinder yang dimiliki mobil Anda.
Lepaskan kabel hanya ke busi pertama. Jangan lepaskan semua kabel sekaligus . Busi Anda dipasang dalam urutan tertentu, yang perlu Anda pertahankan.
Gunakan soket busi dan ekstensi pada ratchet Anda untuk melepas busi pertama.
Pasang busi baru, kencangkan dengan tangan terlebih dahulu dan kemudian kencangkan dengan kunci pas untuk pas. Jangan terlalu kencang .
Pasang kembali kabel busi.
Ulangi langkah-langkah ini untuk setiap busi, satu per satu. Jika Anda membeli colokan yang tepat, Anda tidak perlu khawatir tentang "gapping" busi, karena mereka akan datang pra-gapped.
4. Filter Minyak dan Minyak
Alat yang Anda Butuhkan : Ratchet, kunci filter oli, panci minyak, corong
Waktu untuk Selesai : 30 hingga 45 menit
Perkiraan Biaya : $ 20
Para ahli mengatakan Anda harus mengganti oli Anda setiap 3.000 mil, tetapi dengan produk dan mobil yang lebih baik beroperasi lebih efisien, saya pikir Anda bisa lolos dengan mengubahnya setiap 5.000 mil. Patokan mana pun yang Anda putuskan untuk digunakan, Anda dapat menghemat waktu dan uang dengan menangani perubahan itu sendiri. Sebelum memulai, perhatikan tindakan pencegahan berikut:
Jangan mengganti oli Anda saat mesin Anda panas. Park, tunggu sampai dingin, lalu mulailah. Mengemudi di sekitar blok untuk memanaskan mobil dan melonggarkan oli dapat menghasilkan drain yang lebih efektif, yang merupakan kabar baik, tetapi Anda harus membiarkan mesin dingin sebelum pergi bekerja.
Anda harus mendongkrak mobil Anda, jadi pastikan Anda nyaman dengan aman menangani jack.
Sekarang karena Anda telah meliput keselamatan terlebih dahulu, saatnya untuk menjadi sedikit kotor.
Dapatkan di bawah mobil Anda dan cari panci oli kendaraan. Seharusnya tidak sulit ditemukan.
Lepaskan sumbat pengurasan dan tiriskan semua minyak tua ke dalam panci minyak Anda.
Setelah semua minyak dikeringkan, ganti steker pembuangan.
Kembali ke mesin Anda dan hapus filter oli lama dengan kunci filter oli. (Hati-hati, karena filter oli juga mengandung beberapa minyak tua).
Lumasi karet paking pada filter oli baru dengan beberapa oli motor baru.
Isi filter oli baru sekitar dua pertiga dari jalan dengan oli baru.
Sekrup di filter oli baru. Tangan kencangkan saja.
Isi mesin dengan oli baru, menggunakan corong Anda.
Dengan dip-stick, periksa kembali level oli Anda untuk memastikan Anda telah menambahkan cukup.
Buang filter oli lama dan daur ulang oli lama (sebagian besar pompa bensin akan mengambilnya).
Mengubah oli Anda adalah pekerjaan paling kotor dalam daftar, tetapi mungkin juga yang paling bermanfaat. Meskipun Anda dapat menemukan banyak stasiun layanan cepat terdekat, ketika Anda berpikir tentang pergi mungkin empat kali setahun, biaya dan komitmen waktu bertambah.
5. Pemeliharaan Baterai
Alat yang Anda Butuhkan : Kunci pas, cairan penghilang korosi, sikat kawat, kain lap
Waktu untuk Selesai : 20 menit
Perkiraan Biaya : $ 5
Kunci untuk menjaga mobil Anda berjalan dengan lancar dan efisien adalah koneksi baterai yang baik. Hanya beberapa bintik residu putih yang renyah di tiang yang dapat membuat mobil Anda tidak menyala. Pemeriksaan visual sederhana tentang kondisi baterai Anda akan memberi tahu Anda kapan Anda perlu melakukan proses ini.
Hapus terminal baterai Anda, yang seharusnya menjadi proses yang cukup mudah. Pastikan Anda selalu melepas kabel negatif terlebih dahulu. Jika mereka terjebak, gunakan obeng flathead untuk melepaskannya.
Bersihkan kiriman. Beberapa orang mengatakan Coca-Cola akan bekerja, dan memang benar, tetapi saya menyarankan menggunakan produk yang lebih profesional dari toko onderdil mobil lokal Anda. Perlu diingat bahwa sebagian besar solusi ini tidak lebih dari baking soda dan air, jadi jika Anda merasa sangat hemat, jangan ragu untuk membuat pembersih sendiri. Gunakan cairan ke pos dengan murah hati, dan bersihkan dengan sikat kawat Anda.
Bilas cairan pembersih dengan sedikit air.
Keringkan posting dengan kain.
Ganti terminal baterai.
Baterai yang mati dapat menjadi salah satu masalah mobil yang paling membuat frustrasi, karena biasanya sangat mudah untuk menghindari masalah. Terutama jika Anda sudah memiliki baterai yang sama selama beberapa tahun, buka tudung Anda setiap beberapa bulan dan perhatikan baterai untuk melihat apakah perlu pembersihan sederhana.
6. Radiator Flush
Alat yang Anda Butuhkan : Obeng atau obeng Phillips-head, rags, solusi radiator flush, pendingin, corong, wadah pendingin bekas
Waktu untuk Selesai : 30 menit
Perkiraan Biaya : $ 25
Sistem radiator dan pendingin mobil Anda harus bersih agar bekerja secara efisien dan efektif. Dengan keausan normal, radiator mobil Anda membangun endapan yang dapat mengganggu sistem pendingin. Siram radiator adalah cara cepat dan murah untuk menjaga sistem Anda tetap bugar. Konsultasikan manual pemilik Anda untuk mengetahui apakah Anda perlu menyiram radiator setiap tahun atau setiap dua tahun.
Pastikan mobil Anda benar-benar dingin sebelum Anda mulai.
Periksa manual pemilik Anda untuk menemukan plug drain radiator. Taruh wadah pendingin bekas Anda di tempatnya, buka tutup saluran pembuangan, dan biarkan pendingin lama terkuras sepenuhnya.
Pasang kembali sumbat pengurasan dan lepaskan tutup radiator.
Gunakan corong untuk menambahkan larutan pembersihan siram radiator dan kemudian isi sisa radiator dengan air.
Ganti tutup radiator.
Mulai mobil, dan biarkan berjalan hingga mencapai suhu operasi normal.
Nyalakan pemanas Anda ke posisi terpanas, dan biarkan mobil berjalan selama 10 menit.
Matikan mobil dan tunggu hingga mesin benar-benar dingin .
Tiriskan isi radiator.
Isi ulang radiator dengan pendingin segar.
Pastikan untuk membuang pendingin lama dengan aman, dengan membawanya ke toko suku cadang mobil, pom bensin, atau mekanik. Pendingin lama berakibat fatal, tetapi rasanya yang manis bisa menarik bagi hewan peliharaan.
Bekerja dengan pendingin adalah langkah menuju proyek-proyek otomatis DIY yang lebih maju. Suhu bisa menjadi masalah berbahaya ketika Anda sedang mengerjakan mobil Anda, jadi pastikan Anda memberi banyak waktu untuk mendinginkan mesin sebelum memulai dan sebelum Anda menguras radiator. Jangan terburu-buru pekerjaan ini, dan selalu keliru di sisi hati-hati.
7. Bantalan Rem
Alat yang Anda Butuhkan : Kunci pas Lug, C-clamp, kunci pas terbuka atau kunci pas adjustable, hammer
Waktu untuk Selesai : 30 menit hingga satu jam
Perkiraan Biaya : $ 40 ke atas (tergantung pada mobil Anda)
Anda harus mengganti sebagian besar kampas rem setiap 20.000 mil, tetapi seperti biasa, periksa manual pemilik Anda untuk spesifik tentang model Anda. Jika Anda secara konsisten melakukan banyak mengemudi "berhenti dan pergi", Anda harus menggantinya lebih sering. Bantalan rem yang memenuhi syarat DIY, tetapi keselamatan adalah prioritas utama Anda. Hati-hati, siapkan semuanya sebelum Anda mulai, dan jika Anda merasa tidak nyaman, bayarlah seorang profesional untuk melakukannya bagi Anda.
Jack mobilmu dan letakkan dengan aman di dudukan jack.
Pecahkan lugs pada ban Anda sebelum Anda melakukan hal lain.
Lepaskan roda.
Lepaskan kaliper rem sehingga bantalan rem meluncur keluar melalui bagian atas. Kaliper rem harus pada posisi jam 12, tepat di atas baut lug. Di bagian belakang caliper, Anda akan menemukan baut di kedua sisi. Lepaskan baut dan sisihkan. Pegang caliper dari atas dan tarik ke atas. Berikan beberapa ketukan jika perlu, pastikan untuk tidak mengganggu jalur rem (selang hitam). Jangan biarkan caliper menggantung dari garis rem; cari tempat untuk mengaturnya dengan aman. Dengan kaliper keluar dari jalan, bantalan rem yang lama harus meluncur keluar.
Ganti pembalut lama dengan bantalan baru, kencangkan dengan klip penahan yang sama yang menahan bantalan lama di tempatnya. Jika Anda memiliki mobil yang lebih tua, Anda mungkin perlu menggunakan palu di sini sedikit. Lanjutkan dengan lembut!
Kompres piston rem. Keluarkan C-clamp Anda dan letakkan ujungnya dengan sekrup di atasnya melawan piston dengan ujung yang lain di belakang perakitan caliper.
Kencangkan klem hingga piston bergerak cukup jauh ke tempat Anda dapat menempatkan unit caliper di atas bantalan baru.
Pasang kembali caliper rem (proses kebalikan dari apa yang Anda lakukan ketika Anda melepaskannya), dan kemudian pasang kembali roda Anda.
Dengan proyek ini, Anda melangkah ke apa yang saya anggap “DIY 2.0.” Jika Anda masih menguasai cara mengganti oli Anda, Anda mungkin ingin membangun tingkat kepercayaan Anda sedikit sebelum mengerjakan proyek ini.
8. Penggantian Filter Bahan Bakar
Alat yang Anda Butuhkan : Filter bahan bakar baru, pencuci saluran bahan bakar baru, kunci pas terbuka, lap, pelindung mata
Waktu untuk Selesai : 30 menit
Perkiraan Biaya : $ 20
Untuk $ 20, filter bahan bakar baru dapat melindungi mesin Anda dari kerusakan yang sangat mahal, jadi ikuti aturan praktis dan gantilah setiap tahun. Namun perlu diingat bahwa seperti mengganti bantalan rem, ini adalah proyek DIY lanjutan. Pastikan Anda tidak di atas kepala Anda sebelum memulai yang satu ini. Saya melakukannya sekali, dan melakukannya dengan benar, tetapi saya benar-benar memperhatikan setiap detail selama proses tersebut. Berurusan dengan filter bahan bakar dan bahan bakar dapat menjadi pekerjaan yang berbahaya jika Anda tidak siap. Jika Anda bukan mekanik DIY, biarkan seorang profesional melakukan pekerjaan tahunan ini untuk Anda.
Yang terpenting, mulailah dengan menghilangkan tekanan sistem bahan bakar. Jika tidak, hasilnya bisa eksplosif, setidaknya. Cari sekering pompa bahan bakar pada kotak sekering. Jika Anda tidak memiliki sekering pompa bahan bakar, cari relay yang mengoperasikan pompa bahan bakar. Mulai mobil Anda, dan dengan mesin menyala, tarik sekring atau keluar. Ketika mesin mati, Anda akan tahu bahwa Anda menarik yang benar.
Lepaskan sambungan saluran bahan bakar dari filter bahan bakar. Temukan dua kunci pas terbuka yang merupakan ukuran yang tepat untuk kelengkapan filter bahan bakar Anda (biasanya Anda membutuhkan dua ukuran berbeda).
Ketika kunci pas sudah terpasang, letakkan lap di atas pas untuk melindungi diri Anda jika masih ada tekanan di jalurnya.
Pegang kunci pas yang sesuai pada filter yang sebenarnya, dan putar kunci lain berlawanan arah jarum jam sampai baut itu keluar.
Geser saluran bahan bakar dari baut dan atur baut ke samping.
Ulangi proses untuk sisi lain dari filter bahan bakar.
Hapus filter bahan bakar lama. Kebanyakan filter diadakan di tempat oleh klem yang dapat Anda lepaskan dengan menggunakan obeng flathead. Hati-hati di sini, karena filter bahan bakar lama masih bisa memiliki beberapa gas di dalamnya!
Ganti pencuci filter bahan bakar, yang terletak di baut yang menghubungkan saluran bahan bakar ke filter bahan bakar. Pastikan untuk mencocokkan yang baru dengan benar.
Pasang filter bahan bakar baru, yang merupakan kebalikan dari proses yang Anda lakukan untuk menghapus filter bahan bakar lama.
Kembalikan sekering atau relai pompa bahan bakar sebelum Anda mencoba menyalakan mobil.
Proyek ini adalah tugas "DIY 2.0" lainnya. Berurusan dengan sistem bahan bakar adalah bisnis yang serius, jadi jika Anda tidak terbiasa dengan istilah-istilah ini dan tidak tahu harus mulai dari mana, cukup kunjungi mekanik Anda untuk layanan reguler ini.
Firman Terakhir
Penggantian oli dapat berharga $ 40, dan setelah busi Anda diubah secara profesional, Anda akan mendapatkan sekitar $ 60. Daftar terus dan terus. Anda dapat dengan mudah memangkas delapan pengeluaran mobil ini dengan mengambil perbaikan untuk diri Anda sendiri - menghemat mungkin ribuan dolar selama masa hidup kendaraan Anda.
Tapi ingat, salah satu langkah terbesar untuk setiap proyek DIY adalah mengetahui kapan tidak melakukannya sendiri. Jika Anda membutuhkan pasangan, carilah tetangga yang juga ingin menghemat uang dan belajar lebih banyak tentang mobil, atau mengambil kesempatan untuk mengajari anak-anak Anda beberapa dasar-dasar mobil. Pastikan Anda mengetahui tingkat pengalaman Anda, dan jangan mencoba proyek DIY yang terlalu besar untuk ditangani. Jangan mengambil risiko cedera atau mengambil bagian yang tidak bisa disatukan kembali.
Jika tidak, Anda dapat mempelajari keterampilan baru, mengajar orang lain, dan menghemat beberapa dolar pada saat yang sama.
Apakah Anda memiliki perbaikan otomatis lain yang Anda selesaikan sendiri? Beri tahu kami kiat dan tugas favorit Anda di komentar di bawah.
No comments